18.12.11

About The Disaster

Bencana kekeringan, merupakan bencana yang paling banyak menelan korban di Kenya, Afrika. Berikut data jumlah korban dari tahun ke tahun akibat bencana kekeringan di Kenya :

Pada tahun 1998-1999, jumlah korban melonjak karena Kenya pada saat itu juga terkena bencana La Nina, dimana bencana itu juga akhirnya menyebabkan kekeringan dan kelaparan. Pada masa itu juga, banyak ternak yang pindah ataupun mati karena kekurangan air dan penyakit. Bencana inipun akhirnya juga berimbas pada tahun berikutnya, yang menelan jumlah korban semakin banyak. Di tahun 2009-2010, jumlah korban akibat kekeringan kembali melonjak. Hal tersebut dikarenakan kekeringan di tahun tersebut parah dan menyebabkan kegagalan panen.

Beberapa faktor yang menyebabkan kekeringan di Kenya :
  • Kekurangan kapasitas penyimpanan air.
  • Meningkatnya pengrusakan hutan.
  • Buruknya memanajemen lahan di Kenya.
  • Lokasi menanam tananam di sembarang tempat (mis : di pinggir sungai = erosi).
  • Pemerintah tidak mengatur kebijakan distribusi air.
  • Pembagian air tiap daerah tidak merata.
 Kekeringan di Kenya, merupakan satu permasalahn utama yang setiap tahun dialami oleh masyarakat sana. Sehingga hal tersebut menyebabkan kerugian di beberapa bidang, yakni :
  • Di pertumbuhan ekonomi = tahun 1999-2001, uang sebesar $2.5milyar habis hanya untuk mengatasi kekeringan saja.
  • Di ketersediaan pangan = mata pencaharian utama penduduk Kenya adalah agrikultur. Akibat kekeringan, Kenya menggantungkan diri pada bahan makanan dari PBB serta 40% penduduk Kenya mengalami kekurangan gizi.
  • Di biodiversitas = Kenya juga menggantungkan diri pada bahan makanan dari hutan. Perubahan iklim ini akan mempengaruhi habitat spesies tertentu.
  • Di bidang energi = air yang banyak menguap akan menyebabkan pengurangan generasi hydro-electricity dan pengurangan listrik. Kemampuan produksi hydro-generation menurun dan harus diganti dengan fuel-based generation yang lebih mahal.
  • Di bidang migrasi = karena banyak daerah yang mengalami kekeringan, sehingga banyak penduduk lokal yang bermigrasi ke daerah lain. Migrasi ini menyebabkan konflik karena persaingan lahan baru, penduduk yang migrasi ke kota menyebabkan tingkat kemiskinan meningkat.

4 comments:

Cukup bagus artikel ini dalam memberi gambaran tentang keadaan kenya yang sedang dilanda bencana kekeringan. The best thing is what should we do after see this reality in this article? Go Save kenya!! :)

Terima kasih atas komentar yang diberikan.

Name: "Businesssolution514" Yudhi Susanto - PTK B
WEbsite: http://businesssolution514.blogspot.com/
email:businessolution514@gmail.com
Comment: "Hello guys! Blog kalian benar-benar memberikan pengetahuan bagi kami tentang bencana di Kenya ini. Karena sebelumnya kami tidak tahu banyak tentang bencana apa yang terjadi di Kenya. Informasi dan berita yang kalian berikan sangat informatif. Untuk infografik kalian, kami menyarankan untuk lebih bermain dengan warna agar terlihat lebih menarik lagi. Gambar yang digguunakna sudah bagus dan penataan sudah lumayan teratur.Semoga blog kalian tetap berjalan dan bisa benar-benar membantu masyarakat di Kenya yang membutuhkan. Good job girls! :D"

Untuk infografik memang kita tidak terlalu bermain dengan warna. Karena tujuan infografik ini untuk lebih ke arah informatif daripada attractive. Warna orange kami pilih, karena mendekati warna tanah di Kenya, Afrika Barat. However, thank you for your comments boys! :D

Posting Komentar