18.12.11

Why We Choose It?

Bencana alam (disaster), memiliki arti yang beragam. Namun Carter di dalam bukunya yang berjudul A Disaster Manager's Handbook, mengatakan bahwa bencana alam merupakan kegiatan dari alam atau buatan manusia yang datang secara tiba-tiba dan menimbulkan dampak yang besar bagi suatu komunitas sehingga harus melakukan berbagai tindakan untuk merespon bencana tersebut. Karena bencana alam merupaka sesuatu yang tidak dapat dihindari, maka satu-satunya yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah berupaya menanggulangi terjadinya bencana dan berupaya menekan kerugian akibat yang ditimbukan dari bencana tersebut.

KENAPA KEKERINGAN DAN KENAPA KENYA?
Di Afrika, 2/3 tanahnya terdiri dari gurun dan pasir. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan Benua Afrika rawan terkena kekeringan, degradasi tanah, serta perubahan iklim. Pada Kenya sendiri, sudah banyak terjadi bencana. Namun menurut http://www.preventionweb.net/english/, tiga bencana yang paling sering terjadi di Kenya adalah banjir, wabah, dan kekeringan. Dengan kekeringan yang menelan korban jiwa terbanyak sebesar 4.837.500 jiwa. Pada tahun 2011, Presiden Kenya yaitu Mwai Kibaki baru saja mendeklarasikan bahwa kekeringan merupakan bencana nasional di Kenya saat ini. Data ini juga diperkuat oleh penelitian dari Universitas Bristol yang menunjukkan bahwa area Afrika Barat, termasuk Kenya, berpotensi paling kuat untuk kekurangan persediaan air bersih dan paling beresiko terkena kekeringan karena tingginya suhu udara.

Kelompok kami mengambil tema "Kekeringan di Kenya" karena melihat bahwa sebenarnya kekeringan ini merupakan bencana alam yang dapat diprediksi terjadinya. Sehingga seharusnya sudah ada persiapan-persiapan yang cukup untuk menghindari banyaknya jatuh korban dalam bencana kekeringan tersebut.

4 comments:

Kenapa mengambil topik "Kekeringan di Kenya" tidak di negara Afrika yang lainnya??thx

Karena di daerah Afrika, terutama daerah Kenya, paling besar mengalami bencana kekeringan dari tahun ke tahun. Dan pergerakan jumlah korban dari tahun ke tahun tidaklah menurun, melainkan bertambah.

Name: "whispers Event Organizer - PTK B
Website: http://whisperseventorganizer.blogspot.com
E-mail: ervinasulistio@gmail.com

Comment:
Menurut saya, cara kalian mengemukakan alasan pemilihan topik bencana kekeringan sangat baik kerena didukung oleh fakta dan data-data. Mungkin yang perlu lebih diperjelas adalah alasan kalian lebih memilih Kenya dibandingkan dengan nergara lain yang juga mengalami bencana serupa. Thx.

Terima kasih kasih atas komentarnya. Dari masukan-masukan yang diberikan, kami telah mere-check data kami. Memang ternyata ada data yang kurang dari artikel kami. Kami telah menambahkannya, silakan dilihat di artikel kami.

Posting Komentar